Latar Belakang HIDIMU DKJ

                                                             

Jakarta, hidimudkj.org - Himpunan Difabel Muhammadiyah Daerah Khusus Jakarta (HIDIMU DKJ) HIDIMU adalah Organisasi Difabel yang mempunyai struktur tingkat Nasional hingga cabang yang dinaungi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang didirikan 21 Juni 2021.

HIDIMU diharapkan mampu memberikan wadah dukungan bagi warga difabel dalam implempentasi nilai gerakan sebagai media komunikasi, interaksi, dan kolaborasi, serta pengabdian masyarakat dan pemenuhan hak individu maupun difabel pada umumnya serta advokasi warga difabel dan dakwah dalam keberpihakannya.

Jakarta sedang bersiap menyandang predikat baru, yaitu sebagai Global City atau Kota Global. Meski akan menyandang status baru, Jakarta masih perlu melakukan pembenahan dan peningkatan dari berbagai sisi, termasuk keberpihakan kepada warga difabel.

Jakarta harus memiliki ruang yang nyaman untuk dihuni tidak hanya masyarakat biasa tapi masyarakat berkebutuhan khusus, dalam hal ini difabel dengan kelengkapan infrastruktur perkotaan yang ramah kepada difabel. 

Hal ini dapat mendorong perwujudan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik dari sisi kesehatan dan pendidikan serta kemudahan mengakses layanan berkebutuhan khusus terhadap fasilitas publik. 

Jakarta harus memiliki lingkungan yang bersih, nyaman, dan berkelanjutan. Terakhir, Jakarta mesti memiliki aksesibilitas yang terkoneksi secara intra dan inter-kota, seperti moda transportasi dalam kota yang nyaman dan bebas hambatan tentunya untuk warga difabel mulai dari keluar rumah dan menjamin keamanannya.

Dengan pengesahan UU Nomor 2 Tahun 2024Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Jakarta harus bersiap untuk menanggalkan perannya sebagai ibu kota. 

Jakarta harus berbenah dari berbagai sisi agar dapat menjadi pusat perekonomian dengan skala yang lebih besar, demi mendorong sektor teknologi, inovasi, pariwisata, dan industri dan hal tersebut harus ramah terhadap warga difabel.

Dalam mewujudkan Difabel Unggul Jakarta Majubersiap sebagai Kota Global, HIDIMU DKJmengajak semua pemangku kepentingan memiliki peran yang sangat penting, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, masyarakat hingga warga difabel sendiri.

 Jakarta diharapkan mampu memberikan solutif terhadap warga difabel dan pemecahan masalah serta hak dasar difabel untuk  menjadi kota yang maju dapat menarik talenta mancanegara (global talent) untuk hadir serta percontohan Jakarta Maju ramah Difabel dengan berbagai persoalan, masukan, dan mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi warga difabel untuk semua orang yang berkunjung atau tinggal di Jakarta.

0 Komentar